JABATAN JAKSA AGUNG SBY Pun Ditantang Debat

Mantan Menteri Hukum dan HAM Yusril Ihza Mahendra makin ngotot membela diri. Seolah, ia akan menantang siapa pun, termasuk Juru Bicara (Jubir) Kepresidenan Julian Aldrin Pasha, yang meragukan ucapannya soal keabsahan jabatan Jaksa Agung, Hendarman Supandji.

“Omongan Jubir Presiden Julian Pasya mengenai keabsahan Hendarman tak lebih dari ocehan burung beo. Ia mengulangi omongan Mensesneg Sudi Silalahi,” demikian dikatakan Yusril melalui Jurhum Lantong, seorang juru bicara kubunya.

Jurhum menjelaskan, kepakaran Yusril mengenai hukum tata negara tidak diragukan, sampai akhirnya dia menjadi Mensesneg. Selain itu, Yusril telah bekerja di Sekneg sebagai profesional. Pengalaman dan pengetahuan Yusril dibanding Sudi, imbuh Jurhum, sangatlah jauh. Bahkan karena alasan tersebut, ia menyiratkan agar sebaiknya Presiden SBY datang ke MK untuk berdebat dengan Yusril soal keabsahan Hendarman selaku Jaksa Agung.

“Kalau Presiden yakin keabsahan Hendarman dan Presiden merasa salah dalam mengangkatnya, lebih baik Presiden sendiri yang datang ke MK untuk berdebat dengan Yusril. Ini baru seru,” kata Jurhum.

Terkait perkara teknis Sisminbakum, Jurhum mengatakan agar Julian tidak asal omong soal penegakan hukum. Dakwaan jaksa yang selalu mempertanyakan mengapa biaya akses Sisminbakum tidak masuk pendapatan negara bukan pajak (PNBP), lanjutnya, bukan harus dijawab Yusril, melainkan harus dijawab SBY sendiri di pengadilan. Sebab, menurut Jurhum, memutuskan sesuatu adalah PNPB atau bukan, bukanlah kewenangan menteri, melainkan kewenangan Presiden.

“Kalau mau adil dan transparan seperti maunya Presiden, inilah saatnya Presiden SBY berani bertanggung jawab mengapa dalam dua PP yang ditandatanganinya, SBY tak pernah memasukkan biaya akses Sisminbakum sebagai PNBP. Kok sekarang Yusril yang disuruh bertanggung jawab dan menjadi tersangka,” tandas Jurhum Lantong.

~ oleh TOMMY UTAMA SH pada 13/07/2010.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: