Kasus Yusril MK Undang SBY ke Sidang Yusril

Ketua Mahkamah Agung Mahfud MD mengatakan, pihaknya akan mengundang Presiden Susilo Bambang Yudhoyono pada sidang uji materi UU Nomor 16 Tahun 2004 tentang Kejaksaan.

Uji materi ini diajukan tersangka perkara korupsi biaya akses Sistem Administrasi Badan Hukum, Yusril Ihza Mahendra. “Kita akan mengundang Presiden,” ujar Mahfud kepada para wartawan, Selasa (13/7/2010) di Istana Negara, Jakarta.

Namun, sambungnya, Presiden bisa menugaskan Jaksa Agung atau Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia untuk hadir di sidang tersebut.

Mahfud mengatakan, mengenai uji materi yang diajukan Yusril, pihaknya telah menginformasikan hal tersebut kepada Presiden dan Ketua DPR RI Marzuki Alie. Pasalnya, produk undang-undang dibuat dan disahkan oleh kedua pemimpin eksekutif dan legislatif tersebut.

Mahfud menegaskan tak akan memperlakukan kasus tersebut secara istimewa. “Kami anggap sebagai kasus biasa sehingga itu tidak perlu diberi jadwal khusus,” katanya.

Ditegaskan pula, sidang uji materi tidak akan mengganggu proses hukum yang tengah berjalan di Kejaksaan Agung. “Menurut saya, itu tidak ada kaitannya penetapan seoarang tersangka dilakukan secara fungsional oleh jaksa, bukan dilakukan secara struktural oleh jaksa agung, tapi fungsional jaksa,” katanya.

Sidang uji materi UU Kejaksaan akan digelar pada Rabu mendatang di Gedung Mahkamah Konstitusi.

~ oleh TOMMY UTAMA SH pada 14/07/2010.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: