Bahas Laporan Kekayaan, KPK Datangi DPR

Dari total 560 anggota dewan, yang sudah melapor sebanyak 432 orang.

Pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi mendatangi pimpinan Dewan Perwakilan Rakyat. Kedua lembaga itu akan membahas mengenai masih banyaknya anggota Dewan yang belum melaporkan harta kekayaannya.

“Kami akan mendorong agar makin banyak yang melaporkan kekayaannya,” kata Wakil Ketua Bidang Pencegahan KPK, Haryono Umar, Jumat 16 Juli 2010. “Kami yang akan ke sana (DPR).”

Dari total 560 anggota dewan, yang sudah melapor sebanyak 432 orang. Sedangkan sisanya, 128 orang belum melapor harta kekayaannya.

Anggota dewan yang belum melaporkan jika dilihat dari parpolnya yakni, PAN 26 orang, PDI Perjuangan 8 orang, Partai Demokrat 42 orang. Sementara, Gerindra 5 orang, Golkar 28 orang, Hanura 4 orang, PKS 4 orang, PKB 3 orang, PPP 8 orang.

KPK, menurut Haryono, belum mendapatkan alasan dari anggota dewan yang belum melaporkan harta kekayaannya. Namun dia mengatakan, pihaknya bersedia membantu anggota dewan jika mendapat kesulitan dalam membuat laporan harta kekayaan.

Berdasarkan Undang-Undang Nomor 28 Tahun 1999 tentang Penyelenggara Negara Yang Bersih Dan Bebas Dari Korupsi, Kolusi Dan Nepotisme, dan Undang-Undang Nomor 30 Tahun 2002 tentang Komisi Pemberantasan Tindak Pindana Korupsi, penyelenggara negara wajib melaporkan harta kekayaannya pada saat pertama kali menjabat, mutasi, promosi dan pensiun.

Penyelenggara negara juga harus bersedia untuk diperiksa kekayaannya sebelum, selama dan sesudah menjabat. Laporan dan hasil pemeriksaan itu pun harus diumumkan kepada publik.

~ oleh TOMMY UTAMA SH pada 16/07/2010.

2 Tanggapan to “Bahas Laporan Kekayaan, KPK Datangi DPR”

  1. Nice blog and good post sob…
    Lanjut terus yah…
    Ditunggu kunjungan baliknya nih di blog baru ane,
    dan jangan lupa tinggalin jejak di postingan terbaru ane ya sob…🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: