Pengawasan Hakim Pajak Diperketat

Dengan ditandatanganinya nota kesepahaman antara Kementerian Keuangan, Mahkamah Agung dan Komisi Yudisial, Jumat (16/7/2010), maka makin ketat pengawasan yang akan berlaku kepada para hakim pajak sebagai bagian dari upaya reformasi instansi perpajakan. Nota kesepahaman bersama tentang pembinaan dan pengawasan hakim Pengadilan Pajak ini ditandatangani oleh Menkeu Agus Martowardojo, Ketua Muda MA bidang Pengawasan M. Hatta Ali dan Wakil Ketua KY Thahir Saimima.

Hatta mengatakan tanggung jawab akan terbagi antara ketiga institusi. Pembinaan teknis peradilan dan pengawasan umum hakim pajak akan dilakukan MA berdasarkan kewenangannya pada UU No. 3/2009 tentang perubahan kedua UU No. 14/1984 tentang MA dan UU No. 14/2002 tentang Pengadilan Pajak sementara pembinaan organisasi, pengawasan administrasi dan keuangan masih menjadi tanggung jawab Kementerian Keuangan. Komisi Yudisial akan melakukan pengawasan terhadap perilaku dan etika hakim pajak.

“Perbedaan (tugas) ini terjadi karena belum satu atapnya Pengadilan Pajak dengan MA,” ungkapnya. Sementara itu, Agus Martowardojo menegaskan nota kesepahaman ini berfungsi sebagai jembatan kerja sama untuk mengembalikan martabat Pengadilan Pajak di Indonesia, terutama pascakasus Gayus Tambunan beberapa waktu lalu.

Kerja sama ini diharapkan dapat menjadikan Pengadilan Pajak sebagai bentuk pengadilan yang disegani, dihormati dan menjadi tempat yang kondusif bagi Wajib Pajak untuk mendapatkan keadilan pajak. “Pengadilan Pajak hanya mungkin diperbaiki dengan bergabungnya tiga instansi ini. Kita sudah mengidentifikasi permasalahan yang ada. Kita mengajak kepada stakeholders Pengadilan Pajak untuk memperbaiki dan meningkatkan kinerja dari Pengadilan Pajak,” tegasnya.

~ oleh TOMMY UTAMA SH pada 16/07/2010.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: