Bendera Raksasa Berkibar di Bumi Papua

Peringatan Hari Ulang Tahun Ke-65 Republik Indonesia di Papua pada 17 Agustus 2010 akan diisi dengan pembentangan bendera Merah Putih raksasa. Bendera berukuran 165 x 47 meter itu akan dibentangkan di Wutung, dekat perbatasan Indonesia-Papua Niugini.

Demikian dijelaskan dalam rapat peringatan 17 Agustus yang dipimpin Wakil Walik Kota Jayapura Sudjarwo, Ketua Barisan Merah Putih Jayapura Nico Mauri, Ketua LSM Satria Kbarek, dan Kepala Penerangan Kodam XVII Cenderawasih Letnan Kolonel (Inf) Susilo, Senin (16/8/2010) di Jayapura. Letnan Kolonel (Inf) Susilo mengatakan, bendera itu dibentangkan secara miring pada sejumlah 33 pohon pinang.

“Bisa dibayangkan besarnya bendera melebihi gedung bertingkat,” ucapnya. Bendera tersebut diklaim sebagai bendera Merah Putih terbesar yang pernah dikibarkan.

Nico Mauri menjelaskan, bendera berukuran panjang 165 meter memiliki makna 100 tahun hari jadi Kota Jayapura dan 65 tahun hari jadi Republik Indonesia. Sedangkan lebar 47 meter melambangkan usia Papua bergabung dengan Indonesia. Jumlah 33 pohon pinang melambangkan jumlah provinsi di Indonesia. Bendera itu diproduksi di Bandung dengan biaya Rp 48 juta. Kini, bendera itu sedang dalam perjalanan dari Wamena menuju Kota Jayapura.

~ oleh TOMMY UTAMA SH pada 17/08/2010.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: