Bayi Musim Panas Lebih Sehat

CUACA atau musim saat si buah hati dilahirkan turut memengaruhi kemampuan tubuhnya untuk menangani serangan penyakit. Dari percobaan terhadap tikus, setidaknya didapatkan alasan mengapa orang yang lahir pada musim dingin lebih cenderung berisiko terhadap beberapa gangguan neurologi seperti depresi bipolar dam skizofrenia.

“Untuk itu, kami pun mengukur lamanya hari dan perubahan perilaku kita sesuai dengan musim. Kami pun memantau apakah faktor tersebut bisa memengaruhi perkembangan kemampuan biologis tubuh,” kata profesor ilmu biologi Universitas Vanderbilt Douglas McMahon.

Tim itu menemukan bahwa gen tikus yang dilahirkan pada musim dingin bekerja lebih lambat jika dibandingkan dengan bayi tikus yang lahir di musim panas. Selain itu, tikus yang lahir di musim panas perilaku dan kesehatannya lebih stabil hinggga satu hari, sedangkan tikus yang dilahirkan pada musim dingin tingkat staminanya bervariasi.

Studi terbaru ini bisa meningkatkan kemungkinan variasi musim bisa memengaruhi kepribadian manusia. “Penting untuk ditekankan bahwa meski terdengar astrologi, tapi sebenarnya tidak ini merupakan hal biologis,” kata McMahon. Studi ini telah dipublikasikan pada 5 Desember 2010 di jurnal Nature Neuroscience.

~ oleh TOMMY UTAMA SH pada 09/12/2010.

Satu Tanggapan to “Bayi Musim Panas Lebih Sehat”

  1. wah tu foto wktu masih bayi yg punya blog ya😆
    klo di Indonesia juga sama ?
    Mampir ya
    http://pitaxxx.wordpress.com/

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: