Lepas Gayus, Buyung Ingin Hindari Konfilk

Selain soal kode etik, Buyung punya alasan lain mengapa harus mengakhiri kontrak.

Pengacara senior, Adnan Buyung Nasution, menolak berdampingan dengan pengacara Hotma Sitompul untuk mendampingi Gayus Halomoan Tambunan dalam perkara mafia hukum dan mafia pajak.

Selain alasan kode etik profesi, Buyung juga punya alasan lain mengapa harus mengakhiri kontrak dengan kliennya tersebut.

“Sepengetahuan kami dalam keterangan Gayus di BAP Bareskrim Mabes Polri, sumber uang Rp28 miliar dari Roberto Antonius. Sedangkan Hotma adalah lawyer-nya Roberto. Jadi ada pertimbangan juga conflict of interest apabila Hotma bergabung dengan kami,” ujar Sadli Hasibuan yang tergabung dalam Adnan Buyung Nasution and Partners saat memberikan keterangan pers di kantornya, Jakarta, Selasa 8 Februari 2011.

Alasan ini langsung dibenarkan oleh Buyung. “Jadi, selain kode etik, kami juga melihat ada conflict of interest,” imbuhnya.

Buyung menuturkan, dalam kode etik advokat, sangat tabu seorang advokat ikut campur dalam perkara yang tengah ditangani oleh advokat lain.  Dia juga mencontohkan dengan profesi dokter. Dimana seorang pasien yang sudah ditangani seorang dokter, tidak boleh dokter lain ikut menangani pasien tersebut tanpa seizin dokter yang bersangkutan.

“Di negara kita ini memang kelihatan kacau. Ada perkara ditangan saya, ada orang lain (advokat) yang kasih komentar. Itu tidak boleh, kalau kita ingin kembali dengan profesi hukum yang baik di negara kita,” tuturnya.

Dihubungi terpisah, pengacara Hotma Sitompul enggan berkomentar. “Saya sangat mengormati Bang Buyung, dia guru saya,” kata Hotma saat dihubungi VIVAnews.com.

~ oleh TOMMY UTAMA SH pada 08/02/2011.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: