Sikap Mega Tak Elok

Megawati
Sikap Ketua Umum PDIP Megawati yang menolak untuk memberikan keterangan kepada KPK sebagai saksi meringankan dinilai tidak elok dan tidak memberikan keteladanan.

“Sangat disesalkan. Sebagai tokoh nasional, Mega seharusnya menunjukkan sikap keteladanannya dengan memenuhi panggilan KPK,” ujar pengamat politik dari UMJ Sumarno kepada okezone, Minggu (20/2/2011). Dia menjelaskan, KPK sebagai lembaga resmi sudah seyogiaya dipatuhi oleh semua warga negara. Sebab, semua sama kedudukannya di hadapan hukum. “Jadi tidak elok jika Mega menolak panggilan KPK,” terang dia.

Sikap mantan Presiden RI yang demikian tidak memberikan pembelajaran hukum bagi rakyat. Padahal, dulu Habibie juga memenuhi panggilan komisi kebenaran terkait kasus HAM.

Kata dia, jika memang tidak bersedia datang ke KPK, mungkin bisa dibicarakan mekanisme lain seperti lembaga antikorupsi itu yang menyambangi Mega di kediamannya. Terlebih, adanya pemanggilan tersebut sebagai respons dari permintaan para tersangka.

Kendati demikian, Sumarno menduga jika pemanggilan ini sedikit mengganggu kehormatan putri mendiang mantan Presiden Soekarno itu. “Bisa juga sebagai bentuk protes banyaknya politisi PDIP yang ditangkap KPK,” imbuhnya.

Seperti diberitakan, KPK akan memanggil Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri. Mega akan dimintai keterangannya sebagai saksi meringankan terkait kasus suap pemilihan Deputi Gubernur Senior BI Miranda Gultom.

~ oleh TOMMY UTAMA SH pada 20/02/2011.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: