SBY: Satu atau Dua Partai Langgar Komitmen

“Ada sejumlah kesepakatan yang tak disepakati atau dilanggar oleh satu (atau) dua partai”

Usai menggelar rapat kabinet, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono menyampaikan pernyataan mengenai koalisi yang menyusun pemerintahan. Presiden selaku Ketua Koalisi memastikan bahwa melakukan penataan kembali atas koalisi di pemerintahannya.

Agar diketahui masyarakat luas, kata Presiden SBY, ada beberapa kesepakatan mendasar dalam koalisi ini. Pertama, koalisi sudah bersepakat  mendukung penuh suksesnya Pemerintahan SBY dan Boediono. Kedua, koalisi ini berlaku bukan hanya di eksekutif tapi juga di bidang legislatif.

“Ini tertulis, tersurat, bukan hanya tersirat dalam nota kesepahaman yang kami tanda tangani,” kata SBY dalam jumpa pers di Kantor Presiden, Jakarta, Selasa 1 Maret 2011.

SBY menegaskan bahwa ia telah melakukan evaluasi secara mendalam atas koalisi. “Dari evaluasi yang saya lakukan, saya menilai, ini juga dijustifikasi atau dikonfirmasi oleh pandangan umum teman-teman di pemerintahan, bahwa ada sejumlah kesepakatan yang dilanggar oleh satu (atau) dua partai politik. Kesepakatan itu sesungguhnya terdiri dari 11 butir,” kata SBY.

Namun SBY menolak menyebutkan detail 11 kesepakatan itu. “Pada saatnya, kalau memang diperlukan, akan saya jelaskan pada publik, supaya terang, apa sebenarnya substansi dari kesepakatan itu,” kata SBY.

SBY juga menyatakan, menerima usulan dan rekomendasi agar meninjau kembali koalisi agar tidak membingungkan rakyat. “(Usul) ini terus terang banyak sekali,” kata SBY.

Apa yang dilakukan SBY atas masukan itu? Tunggu berita selanjutnya.

~ oleh TOMMY UTAMA SH pada 01/03/2011.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: