Putra Khadafi: Kami Membiayai Kampanye Sarkozy

Putra Muammar Khadafi mengklaim Libia telah membantu mendanai kampanye pemilihan presiden Prancis Nicolas Sarkozy pada 2007 silam dan menuntut presiden Prancis agar segera mengembalikan uang itu untuk kepentingan rakyat Libia.

Dalam sebuah wawancara dengan saluran TV Euronews, Saif al-Islam Khadafi mengatakan Libia memiliki rincian transfer bank dan siap untuk dibeberkan ke hadapan publik dalam upaya untuk menghukum Sarkozy setelah ia mendukung penuh kekuatan oposisi. Demikian dikutip situs Guardian.co.uk, Rabu (16/3).

Pada Ahad lalu, pemerintah Libia memang mengeluarkan ancaman untuk mengungkapkan sebuah rahasia besar yang akan menurunkan Sarkozy dan Saif al-Islam menyebutnya sebagai “badut”. Pasalnya, pihak rezim Khadafi sangat marah kepada Sarkozy yang terus mempelopori dukungan zona larangan terbang di Libia, dalam upaya menghentikan aksi kekerasan militer Khadafi.

Sampai berita ini diturunkan, Libia belum merilis bukti-bukti kecurangan Sarkozy, namun pihak pemerintah sudah mengisyaratkan mereka tengah bersiap-siap  untuk melakukannya. Seorang sumber senior di Libia mengatakan, “Sarkozy sudah bermain kotor lebih dulu. Jadi kami juga akan bermain kotor.”

Sementara itu, juru bicara Istana Kepresidenan Elysee Prancis juga mengatakan pihaknya belum memiliki informasi atau komentar tentang klaim tersebut. Tetapi, koran Prancis, Le Monde, mengutip juru bicara lain yang mengatakan, “Kami menyangkalnya dengan cukup jelas.”

Hukum Prancis memang dikenal sangat ketat dalam soal pemberian dana kampanye ke pihak kandidat. Tahun lalu, Sarkozy juga sempat terseret skandal politik yang melibatkan dana sumbangan ilegal dari wanita terkaya di Prancis, Liliane Bettencourt.

~ oleh TOMMY UTAMA SH pada 21/03/2011.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: