Kopassus Siap Bebaskan ABK Sinar Kudus dari Perompak Somalia

Sebagai satuan pasukan elite, Kopassus TNI AD siap ditugaskan membebaskan WNI yang disandera perompak Somalia. Kapan saja Panglima TNI memerintahkan, Kopassus pasti akan langsung melaksanakannya.

“Setiap hari kami siap. Kapan saya Panglima perintahkan, pasti kami dukung,” kata Danjen Kopassus, Mayjend Lodewijk F. Paulus, Senin (11/4/2011).

Kepada wartawan yang mencegatnya usai seminar HAM di Mako Kopassus, Cijantung, Jakarta Timur, Lodewijk menegaskan sudah menjadi tugasnya memastikan pasukan Kopassus siap menjalankan tugas kapan saja dan di mana saja. Termasuk untuk misi pembebasan ABK Sinar Kudus yang disandera perompak Somalia sejak 16 Maret.

“Kemungkinan ditugaskan bersama satuan lain, bisa saja. Sebelum ini kami sudah latihan Tri Matra (gabungan TNI AD, AL dan AU),” ujar Lodewijk.

Namun sayang, meskipun Kopassus siap diterjunkan, tapi pemerintah Indonesia hingga kini tidak berencana untuk mengirim pasukan militer untuk membebaskan sandera.

Kapal kargo Sinar Kudus dibajak perompak Somalia di perairan Laut Arab, sejak 16 Maret 2011. Kapal yang diawaki 31 orang ABK yang 20 di antaranya adalah WNI itu sedang dalam perjalanan membawa biji nikel dari Pomalaa, Sulawesi Tenggara, menuju ke Rotterdam, Belanda.

Perompak meminta tebusan bagi para sandera yang nilainya Rp 77 miliar. Pemerintah Indonesia sudah “berkoordinasi” dengan organisasi penanganan perompak di wilayah perairan tersebut.

Keluarga ABK mengaku sangat cemas lantaran bekal minuman tinggal untuk seminggu.
Sementara logistik juga sangat minim. Mereka siap ke Jakarta untuk mendatangi Kementerian Luar Negeri dan Presiden SBY segera bertindak membebaskan kapal Sinar Kudus milik PT Samudera Indonesia Tbk.

Pembebasan WNI Demi Harga Diri Bangsa

Anggota Komisi I DPR RI, Fayakhun Andriadi, menyatakan, upaya pembebasan warga negara Indonesia yang ditawan perompak Somalia harus segera dilakukan pasukan khusus TNI, karena terkait harga diri bangsa.

“Perihal ABK Kapal ‘Sinar Kudus’ yang ditawan perompak, saya mendorong agar pasukan khusus TNI bergerak cepat membebaskan mereka, juga kapal mereka yang mengangkut nikel Antam,” ujarnya di Jakarta, Senin (11/4).

Menurut Fayakhun Andriadi, harga diri bangsa tidak bisa dipertaruhkan.

“Ingat kita punya kisah sukses pembebasan sandera ‘Woyla’ di Bangkok, Thailand, sehingga citra pasukan khusus TNI menjadi dihormati dan disegani di dunia. Sekarang jangan kalah gertak kita dengan para perompak itu,” tandas anggota Fraksi Partai Golkar DPR itu.

Karena itu, anggota Komisi I DPR bidang pertahanan, keamanan, dan luar negeri itu mendorong agar pasukan khusus TNI bergerak cepat membebaskan warga negara Indonesia (WNI) yang disandera perompak, sekaligus kapal pengangkut nikel mereka.

Ia juga heran, kenapa Pemerintah belum bereaksi positif terhadap kasus penyanderaan atas 20 awak kapal ‘Sinar Kudus’ itu, padahal sudah hampir sebulan disandera perompak Somalia.

Sebagaimana diberitakan sebelumnya, mereka ditawan para perompak, berikut membajak kapal mereka bermuatan barang ekspor RI bernilai triliunan rupiah di Teluk Aden, Somalia.

Kapal milik PT Samudra Indonesia itu dibajak saat membawa produk tambang Nikel untuk diekspor ke Belanda.

~ oleh TOMMY UTAMA SH pada 11/04/2011.

4 Tanggapan to “Kopassus Siap Bebaskan ABK Sinar Kudus dari Perompak Somalia”

  1. maju terus pantang mundur

  2. skenarionya: 7 orang pasukan detasemen jala mengkara TNI AL (super elit) yang cuma bisa digerakkan oleh RI 1 akan melakukan penetrasi bawah laut. mereka akan diterjunkan ke laut malam hari di kegelapan dgn jarak 3 mile dari kapal sinar kudus, naik ke kapal dan merampas kembali kapal. pasukan pendukung adalah pasukan katak, dan kopassus berjumlah 50 orang yang akan melakukan pengambilalihan garis pantai mengantisipasi perompak yang ada di darat. dari udara, paskhas tni akan diterjunkan begitu mendapat isyarat dari pasukan jala mengkara yang sudah masuk ke dalam kapal, melakukan dukungan tembakan untuk mengacaukan kelompok perompak yang ada di sekitar kapal SK agar tidak mendekati kapal target.
    Semua pasukan saat ini sudah berada di Libanon.

    VIVA TNI, JALASVEVA JAYAMAHE

    • BUAT APA TERIMA BANTUAN MALASYA,PASUKAN TNI TDK KALAH DENGAN NEGARA LAIN,KEHEBATANYA ITU SDH TERBUKTI,SMG ALLAH SELALU MELINDUNGI PASUKAN TNI DAN AWAK KAPAL SINAR KUDUS.VIVA TNI….SEMANGAT SELALU,BANGSA INDONESIA MENUNGGUMU.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: