Agen AS & Inggris Bantu TNI Bebaskan Sandera?

“Karena tempatnya bukan di Klender tapi di Somalia sana,” kata Djoko Suyanto.

Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum, dan Keamanan, Djoko Suyanto, mengatakan pemerintah belum memutuskan apakah akan melakukan operasi militer untuk menyelamatkan sandera perompakan kapal MV Sinar Kudus di perairan somalia.

Djoko menjelaskan, tanpa izin dari pemerintah Somalia, Indonesia bisa melakukan operasi militer. “Tapi apakah itu jadi opsi satu-satunya,” kata Djoko di Kantor Presiden, Rabu, 13 April 2011

Menurut Djoko, perlu hati-hati dalam upaya penyelamatan tersebut. “Banyak kasus karena tindakan seperti itu awak kapal malah dibunuh,” ujar Djoko.

Karena itu, dia melanjutkan,  pemerintah melihat secara komprehensif, mana yang paling baik bagi keselamatan ABK.

Djoko menambahkan, penyelamatan terhadap 20 ABK yang tertahan tidaklah mudah. “Memerlukan waktu, karena tempatnya bukan di Klender tapi di Somalia sana,” kata Djoko

Dalam operasi penyelamatan, Indonesia pun tidak melibatkan negara-negara lain. Namun, Djoko tidak menampik adanya bantuan dari negara lain. “Tetapi ada agen-agen dari negara Inggris, Singapura ada juga Amerika,” ujar Djoko.

Djoko tidak menargetkan berapa lama upaya penyelamatan tersebut.”Tidak ada yang bisa menentukan, kalau sampai 6 bulan 7 bulan itu tergantung bagaimana intensitas kita berkomunkasi,” ucapnya.

Adapun yang menjadi kendala saat ini antara lain pihak pembajak yang tidak setiap saat menghubungi. “Kemudian berapa angkanya kadang-kadang suka berubah.”

~ oleh TOMMY UTAMA SH pada 13/04/2011.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: