Apa Target Partai Nasdem di Pemilu 2014

Partai Nasdem sedang berupaya melengkapi persyaratan menjadi peserta Pemilu 2014. Partai yang mengklaim terinspirasi organisasi massa Nasional Demokrat ini pun sudah memasang target di Pemilu nanti.

“Bukan berapa persen suara,” kata Ketua Umum Partai Nasdem, Patrice Rio Capella, saat diwawancara VIVAnews.com, Kamis 28 April 2011. “Tapi berapa pun parliamentary threshold ditetapkan, kami pasti lolos,” kata Rio menyebut targetnya.

Soal strategi meraup suara, Partai Nasdem belum merumuskan detail karena masih sibuk dengan penyiapan organisasi. Saat ini, Rio yang mantan Wakil Sekretaris Jenderal Partai Amanat Nasional ini menyebut Partai Nasdem sudah memiliki pengurus di seluruh provinsi. Partai Nasdem juga sedang menyiapkan minimal kepengurusan di kabupaten/ kota dan kecamatan untuk bisa mengikuti Pemilu 2014.

“Sekarang sudah masuk penjilidan, perapian bundel persyaratan,” katanya. “Setelah itu, mungkin Juni atau Juli nanti kami akan launch besar-besaran,” kata Rio.

Partai Nasdem sendiri diprediksi pengamat politik Burhanuddin Muhtadi mengancam Partai Golkar, daripada partai-partai lain. Menurut peneliti senior Lembaga Survei Indonesia itu, setidaknya Nasdem akan mengambil 20 persen pemilih Golkar.

Karena hanya bisa sekitar 20 persen itu, Burhanuddin meragukan performa Nasdem dalam Pemilu 2014 nanti. Magnet elektoral nasional Nasdem dinilainya tidak cukup mumpuni untuk menggeret suara seperti terjadi pada Partai Demokrat dengan Susilo Bambang Yudhoyono-nya.

“Kalau tidak punya magnet elektoral nasional yang kuat, Nasdem harus melakukan strategi lokal,” kata Burhan yang juga mengajar di Universitas Paramadina dan Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah itu.

Rio sendiri menyatakan, pernyataan Burhan ada benarnya namun ada juga yang tidak. Soal ‘mengancam Golkar’, Rio berpendapat dari awal Nasdem didirikan bukan untuk menyaingi satu partai tertentu. Dan soal strategi lokal, Rio menyatakan Nasdem sedang melakukan itu.

sumber :http://politik.vivanews.com/news/read/217298-ini-target-partai-nasdem-di-pemilu-2014

~ oleh TOMMY UTAMA SH pada 29/04/2011.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: