Dituding Sering Bolos, Mahfud MD: ICW Cs Bodoh dan Ngawur

Ketua Mahkamah Konstitusi Mahfud MD menjawab kritik keras sejumlah LSM menyoal kebiasaan membolos hakim MK. Mahfud menuding LSM non profit yang mengkritisi hakim MK seperti ICW dan Kontras ngawur dan bodoh dalam membaca data.

“Berita yang dilansir oleh beberapa Ornop seperti YLBHI, Elsam, ICW, Kontras, dan lainnya bahwa hakim-hakim MK suka bolos adalah informasi sampah dan kebohongan. Kalau benar itu diambil dari website MK maka berarti Ornop-ornop itu bodoh dalam membaca data,” cetus Mahfud kepada detikcom, Jumat (29/4/2011).

Mahfud memastikan semua hakim MK sudah bekerja dengan baik. MK juga rutin melakukan persidangan perkara yang memang jumlahnya menumpuk. Ia mengaku sempat beberapa kali tidak ikut sidang, tapi itu berdasar alasan yang kuat, bukan membolos.

“Saya pastikan bahwa sejak Januari sampai dengan April 2011 MK bersidang pleno untuk PUU lebih dari 145 kali, bukan 54 kali seperti diumumkan Ornop tersebut. Salah juga jika dikatakan Ketua MK bolos 18 kali. Saya memang pernah beberapa kali absen dari ratusan kali sidang MK tapi ada alasan yang kuat,” bebernya.

“Tanggal 22 Januari sampai dengan 3 Februari saya ada di Brasil dan Kolombia menghadiri pertemuan MK sedunia. Saya tidak studi banding tapi melakukan hubungan bilateral dengan diplomasi konstitusi resmi antar negara. Saya pernah juga karena menghadiri acara kenegaraan yaitu Hari Pers Nasional di Kupang, Pertemuan Antar Ketua Lembaga Negara, dan Musrenbang nasional, juga cuti karena pernikahan anak,” lanjutnya.

Ia mengeluhkan sikap LSM yang belakangan dinilainya memolitisir persoalan. Padahal, menurut Mahfud, tidak diikuti fakta hukum yang kuat.

“Saya heran Ornop sekarang ini banyak yang ngawur dan genit memolitisir masalah dengan generalisasi yang bodoh. Katanya kalau dari DPR dan dari MA punya kebiasaan yang tak baik. Saya nyatakan bahwa saya hakim MK yang dari DPR tak pernah korup baik pekerjaan maupun uang,” keluhnya.

Mahfud mengaku lebih banyak tahu keburukan sejumlah LSM. “Tapi saya bisa menunjuk hidung puluhan mantan aktivis LSM terlibat korupsi setelah menduduki lembaga publik, mulai dari KPU, KPUD, DPRD, dan sebagainya,” tandasnya.

~ oleh TOMMY UTAMA SH pada 30/04/2011.

2 Tanggapan to “Dituding Sering Bolos, Mahfud MD: ICW Cs Bodoh dan Ngawur”

  1. memang ICW itu sampah. tidak usah takut pak MAHFUD MD, maju terus.

  2. Saya juga geleng-geleng kepala terhadap ICW. Organisasi yang saya tidak tahu dari mana sumber dananya dan sponsornya ini lebih banyak menghasutnya ketimbang menunjukkan niat baiknya. Datanya tentang korupsi tidak valid dan lebih banyak opininya. Reaksi Mahfud sudah benar, harus diberi tanggapan keras. Jika tidak ditanggapi serius (bila perlu dipidanakan karena fitnah), MK bakal seperti MA di mata ICW: diejek dan dilecehkan. Saya masih ingat berita, saat the old man, Bagir Manan pensiun sebagai Ketua MA, ICW menggelar syukuran di depan kantor MA. Terenyuh hati saya. ICW yang dipimpin anak kecil yang lebih pantas menganggap Bagir Manan sebagai kakeknya kok begitu gagah dan kurang ajarnya. Saya anti korupsi, tidak pro atau kontra pengadilan, tapi setelah sekian tahun, Bagir masih tenang dengan aktivitasnya di kampus sebagai akademisi. Ia dicintai mahasiswa, hidupnya pun biasa-biasa saja. Tidak pernah ada berita adanya gugatan kepadanya sebagai mantan pejabat negara terkait korupsi seperti banyak pejabat lain.

Tinggalkan Balasan

 
