MA Perintahkan Hakim Kasus Antasari Azhar Tak Penuhi Panggilan KY

MA Perintahkan Hakim Kasus Antasari Azhar Tak Penuhi Panggilan KY
  Rencana pemanggilan hakim yang menangani kasus Antasari Azhar oleh Komisi Yudisial (KY) ditentang keras oleh Mahkamah Agung (MA). Menurut Ketua MA, Harifin Tumpa, kasus ini menguji independensi hakim dalam memutus perkara.

“Kalau masalah teknis putusan biarkan upaya hukum yang berjalan,” kata Ketua MA Harifin Tumpa usai salat Jumat di masjid MA, Jalan Medan Merdeka Utara, Jakarta, Jumat, (29/4/2011).

Menurutnya, KY hanya bisa memeriksa hakim terkait perilaku hakim seperti melanggar kode etik, menerima suap atau bertemu pihak berperkara. “Ini kan masih ada proses hukum, apanya yang harus diperiksa?” tanya Tumpa.

Menurutnya orang yang kalah membentuk opini agar supaya hakim itu menuruti apa yang dikehendaki. Namun hakim tidak bisa didikte oleh opini. “Independensi hukum sedang diuji. Orang bicara bahwa hakimnya begini dan sebagainya. Itu maksudnya adalah hakim agar takut,” terang Tumpa.

“Jadi tidak datang memenuhi panggilan KY?” tanya wartawan.

“Iya, kalau masalah teknis putusaan, biarkan upaya hukum yang berjalan. Kecuali pada upaya hukum diketahui bertemu para pihak, menerima suap dan sebagainya.

~ oleh TOMMY UTAMA SH pada 30/04/2011.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: