Sri Mulyani Kandidat Direktur Pelaksana IMF?

Nama mantan Menteri Keuangan Indonesia yang saat ini menjadi direktur di Bank Dunia, Sri Mulyani, kembali mencuat di kancah internasional.

Sri Mulyani disebut-sebut menjadi salah satu kandidat terkuat dari Asia Tenggara yang akan menempati posisi Direktur Pelaksana Dana Moneter Internasional (IMF) menggantikan Dominique Strauss-Kahn.

Sri Mulyani disebut oleh Menkeu Thailand, yaitu Korn Chatikavanij, sebagai seseorang yang bisa dicalonkan menjadi direktur di lembaga keuangan internasional itu. “Dia memiliki pengalaman luar biasa di institusi keuangan dunia. Dia sangat mampu menduduki jabatan ini,” ujar Korn Chatikavanij.

Selain Sri Mulyani, kandidat lain yang ia sebutkan adalah Menkeu Singapura Tharman Shanmugaratnam. Menurut dia, jagoan keuangan asal Singapura ini terkenal sangat ketat dan dihormati di kalangan menteri keuangan dunia. “Kedua orang ini sangat pantas duduk di institusi seperti IMF,” tuturnya.

Kilas balik saja, sejak mundurnya Strauss-Kahn sebagai Direktur Pelaksana IMF, timbul spekulasi mengenai penggantinya. Eropa sudah menyatakan keengganannya jika pengganti Kahn berasal dari emerging market.

Sebaliknya, negara berkembang yang berasal dari Asia dan BRICS (Brasil, Rusia, India, China, dan Afrika Selatan) juga mengincar posisi basah ini.

Menjadi hal yang wajar perdebatan sengit ini terjadi. IMF merupakan lembaga keuangan dunia yang memegang dana dengan jumlah miliaran dollar AS. Krisis Eropa membuat lembaga ini sangat dibutuhkan negara-negara yang seret likuiditas.

~ oleh TOMMY UTAMA SH pada 22/05/2011.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: