“Usul Pembubaran Demokrat Didramatisir”

Aktor senior Pong Harjatmo dan rekannya, Ridwan Saidi, Rabu besok akan mengajukan uji materi Undang-undang Partai Politik ke Mahkamah Konstitusi, demi meluluskan tujuannya untuk mengajukan usul pembubaran Partai Demokrat.

Menurut Pong, Demokrat dipenuhi kader bermasalah yang dapat mengganggu stabilitas negara dan mengusik kedamaian masyarakat. Masalahnya, kata Pong, berdasarkan UU Partai Politik, usul pembubaran parpol hanya bisa diajukan oleh pemerintah. “Seharusnya tidak bisa hanya pemerintah saja,” kata Ridwan.

Ketua Divisi Advokasi dan Bantuan Hukum Partai Demokrat, Denny Kailimang, menyatakan bahwa ide pembubaran Demokrat sangat berlebihan. “Itu terlalu didramatisir. Pembubaran parpol adalah satu hal yang sangat riskan dan membutuhkan proses panajang. Tidak semudah yang mereka sangka,” kata Denny kepada VIVAnews, Selasa 2 Agustus 2011.

Menurutnya, membubarkan parpol justru memiliki efek politis besar yang dapat mengganggu stabilitas kehidupan bernegara. “Apalagi parpol sekaliber Demokrat yang kini sudah eksis bahkan menjadi pemenang pemilu,” imbuh Denny.

“Kalau parpol dibubarkan, bisa kacau. Lantas bagaimana dengan status anggota DPR dan DPRD di seluruh Indonesia yang berasal dari parpol bersangkutan? Jumlahnya kan ribuan. Ini bisa jadi persoalan besar,” kata Denny. Oleh karena itu, tegasnya, usul pembubaran partai oleh orang per orang atau kelompok, sangat berbahaya.

~ oleh TOMMY UTAMA SH pada 02/08/2011.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: