Bikin Aplikasi Windows Phone dalam 24 Jam

Akhir pekan ini, tepatnya 4 dan 5 Februari 2012, bertempat di Graha Manggala Siliwangi, Bandung, Microsoft dan Nokia akan mengumpulkan 800 pengembang aplikasi lokal. Di sana, mereka akan melakukan pembuatan aplikasi, hanya dalam waktu kurang dari 24 jam.

Developer lokal ini akan membuat aplikasi yang akan digunakan pada platform Windows Phone dan akan dipasarkan lewat Marketplace milik Microsoft. Adapun 8 pengembang aplikasi terbaik akan mendapatkan Nokia Lumia 800, salah satu smartphone Windows Phone 7.5 pertama Nokia.

“Program ini merupakan upaya Microsoft dan Nokia untuk mengembangkan ekosistem Windows Phone,” kata Irving Hutagalung, Audience Marketing Manager Microsoft Indonesia, 2 Februari 2012. “Pengembang lokal digandeng untuk mengakomodasi hadirnya smartphone Nokia Lumia yang berbasis Windows Phone,” ucapnya.

Saat ini, kata Irving, dari 55 ribu aplikasi yang sudah tersedia di Marketplace Windows Phone, baru ada 50 aplikasi yang dibuat oleh pengembang asal Tanah Air. “Untuk itu, diharapkan dengan adanya program ini, para pengembang aplikasi lokal semakin bersemangat menghasilkan karyanya dan dipasarkan lewat Marketplace,” ucapnya.

Aplikasi yang sudah berhasil masuk ke Windows Phone Marketplace akan dapat diunduh dan digunakan oleh pengguna smartphone berbasis Windows Phone dari seluruh dunia.

Pelatihan Developer

Menurut Narenda Wicaksono, Developer Marketing Manager Nokia Indonesia, selain lomba membuat aplikasi, pada kesempatan ini para developer lokal akan mendapatkan workshop dan informasi seputar pembuatan aplikasi yang baik dan bagaimana memasarkan aplikasi mereka.

“Harapannya, setelah ini akan lahir developer-developer dan wirausahawan yang bertalenta untuk memajukan industri dan bisnis pengembangan aplikasi di Indonesia,” kata Narenda.

Tak hanya berhenti pada ajang tersebut, Microsoft dan Nokia juga akan melanjutkan roadshow ke 7 universitas di Indonesia seperti Universitas Indonesia, Universitas Bina Nusantara, Universitas Parahyangan, Universitas Gajah Mada, STMIK Akakom Yogyakarta, Universitas Kristen Petra dan STIKOM Bali.

Di setiap universitas, mereka akan mengelar workshop pembuatan aplikasi berbasis Windows Phone selama dua hari. Program sendiri akan digelar selama bulan Februari sampai April 2012.

~ oleh TOMMY UTAMA SH pada 02/02/2012.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: