KPK Sindir Komitmen DPR Berantas Korupsi

Keinginan melemahkan KPK lebih kuat ketimbang memperkuat.

 Juru Bicara KPK, Johan Budi SP menyayangkan komitmen sejumlah politisi senayan terhadap semangat pemberantasan korupsi. Itu dibuktikan dari keinginan DPR merivisi Undang-undang KPK No 30 tahun 2002.

“Kalau dari pernyataan resmi ketua KPK periode ketiga ini, KPK masih belum merasa perlu untuk merevisi UU No 30 tahun 2002,” kata dia, Sabtu 29 September 2012.

Johan menuturkan bahwa KPK sama sekali tidak pernah diajak bicara terkait revisi UU KPK No 30 tahun 2002, tiba-tiba ada usulan untuk merevisi. Menurutnya usulan itu datang dari komisi III DPR yang ngotot untuk direvisi. “Ini inisitif DPR ya untuk merubah UU 30 tahun 2002,” ujar Johan.

Saat ini lanjut Johan, di mana opini publik telah berkembang dan publik banyak mengecam agenda dibalik rencana DPR merevisi UU KPK. Para anggota dewan ramai-ramai mengklaim dirinya menolak revisi UU KPK dan ingin memperkuat KPK. Salah satunya PKS yang mengklaim pihaknya yang sejak awal menolak revisi UU KPK.

“Tapi suara-suara yang mendukung untuk memperkuat KPK, tidak sama dengan apa yang dilakukan di DPR. Saya ingin mengingatkan beberapa pernyataan yang pernah disebutkan DPR secara orang-perorang ya bukan secara fraksi. Contoh dari temannya Pak Indra (Komisi III Fraksi PKS, Fahri Hamzah) yang dengan lantang bilang bubarkan KPK,” sindir Johan.

Baginya, jika menyimak pernyataan orang-perorang di DPR, memang keinginan melemahkan KPK lebih kuat ketimbang memperkuat KPK. Sehingga masyarakat imbau Johan harus mengawal tentang rencana revisi UU KPK yang nantinya akan membonsai kewenangan KPK menjadi lembaga anti korupsi tanpa aksi.

~ oleh TOMMY UTAMA SH pada 29/09/2012.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: