5 Karakter Yang Harus Dimiliki Pencari Kerja

Mencari pekerjaan di zaman sekarang ini bukan hal yang mudah. Banyaknya pencari kerja membuat persaingan menjadi semakin ketat. Belum lagi persyaratan yang harus dipenuhi pelamar semakin tinggi standarnya. Bahkan lowongan kerja yang tersedia tidak sebanding dengan jumlah pelamar kerja yang ada.

Untuk itu, para pencari kerja harus memiliki kualitas yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan saat ini. Perusahaan hanya akan menerima pekerja yang memenuhi kualifikasi yang dibutuhkan. Kualifikasi yang dicari oleh perusahaan tidak hanya yang bersifat teknis tapi juga karakter. Ada 5 karakter yang harus dimiliki oleh para pencari kerja yaitu:

1. CERDAS

Pelamar kerja harus pintar atau cerdas. Namun bukan berarti harus punya nilai akademik atau ranking yang bagus. Pintar artinya mereka harus menguasai technical skill alias keterampilan teknis yang sesuai dengan posisi yang dilamar. Lebih dari itu, mereka juga harus punya soft skill yaitu kemampuan hubungan antar manusia yang bagus. Misalnya kemampuan berkomunikasi, mudah beradaptasi dengan teman dan semacamnya.

2. KREATIF

Orang yang kreatif pasti lebih diminati oleh perusahaan karena mereka bisa mengembangkan potensi diri. Kreatif berarti selalu punya rasa ingin tahu, penuh imajinasi, punya ide segar dan suka mencari jalan keluar dari masalah. Pelamar kerja yang kreatif bisa terlihat dari surat lamaran dan curriculum vitae yang dibuat. Mereka pasti akan membuat surat lamaran yang berbeda dan menarik perhatian.

3. JUJUR

Orang yang jujur berarti apa yang dikatakan sesuai dengan kenyataan. Mereka tidak suka berbohong dan menghalalkan segala cara untuk meraih tujuan. Pekerja yang jujur sangat disukai oleh perusahaan manapun. Kejujuran pencari kerja akan diuji dari awal sejak mengajukan surat lamaran kerja dan pada saat wawancara.

4. BISA BEKERJASAMA DALAM TIM

Perusahaan adalah sebuah organisasi besar yang terdiri dari beragam manusia dengan karakter yang berbeda. Tentu saja para pegawainya harus bisa bekerjasama dalam sebuah tim yang kompak. Pelamar kerja yang bisa menerima perbedaan dan siap bekerjasama dengan siapa saja akan diterima.

5. KEPEMIMPINAN

Mereka yang punya kemampuan kepemimpinan lebih disukai oleh perusahaan. Potensi kepemimpinan yang dimiliki akan membuat mereka bisa amanah dalam bekerja, penuh tanggung jawab dan siap menerima tantangan. Pekerja dengan tipe ini akan bisa memecahkan masalah, mampu mengarahkan tim dan mengambil langkah yang diperlukan. Pelamar kerja bisa terlihat potensi kepemimpinannya dari pengalaman organisasi selama kuliah ataupun di masyarakat.

Kualitas seseorang bukan terlihat dari sederetan angka yang tertulis dalam selembar kertas ijazah. Karakter atau kepribadian yang dimiliki menunjukkan kualitas sebenarnya dari seseorang. Semoga kita termasuk dalam kelompok orang yang berkualitas…

~ oleh TOMMY UTAMA SH pada 19/10/2012.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: