MAU LULUS UJIAN ADVOKAD COBA 11 TRIK INI

PERTANYAAN :

Saya punya teman yang sudah sering mengikuti UPA (ujian profesi advokat) tapi tidak lulus. Selain belajar, apa kiat-kiat atau trik khusus dalam menghadapi UPA?

JAWABAN :

TOMMY UTAMA SH

537285_617438504966168_454059320_n

Untuk ujian profesi advokat (“UPA”), sebenarnya tidak ada kiat atau trik khusus selain belajar. Namun, saya ingin berbagi pengalaman saja mengenai UPA yang terjadi selama ini. Berikut hal-hal yang penting diperhatikan jika ingin lulus UPA:

1.    Pada umumnya, materi-materi yang diujikan dalam UPA adalah mengenai Hukum Acara dan Kode Etik Advokat Indonesia. Selain itu, UPA terbagi atas soal pilihan ganda dan essay.

2.    Untuk hukum acara dan Kode Etik, yang menempati bagian terbesar dari UPA, ada tiga hal yaitu Hukum Acara Pidana, Hukum Acara Perdata, dan Kode Etik Advokat Indonesia. Ketiga hal ini seingat saya mencapai 60% dari soal yang diujikan

3.    Pilihlah soal yang paling mudah, tinggalkan yang rumit. Ini akan menghemat waktu Anda. Jika telah selesai menjawab soal yang mudah, mulailah menjawab soal yang rumit.

4.    Dalam UPA tidak dikenal pengurangan nilai kalau jawaban salah. Jadi, kalau Anda tidak ingat atau tidak tahu, coba saja jawab soal-soal UPA tersebut. Siapa tahu keberuntungan memihak Anda

5.    Soal teknis, gunakan peralatan tes yang disyaratkan semisal pensil 2B dan pastikan tidak ada kesalahan dalam mengisi identitas.

6.    Soal essay biasanya ada dua pilihan yaitu tentang pembuatan surat kuasa dan surat gugatan dan Alternatif Penyelesaian Sengketa. Pastikan membaca soal dengan baik, karena biasanya yang paling krusial adalah soal yurisdiksi/kompetensi pengadilan dan juga soal perbuatannya. Apakah gugatan itu mengenai Perbuatan Melawan Hukum atau soal Wanprestasi. Pilihan lain adalah mengenai Undang-Undang No. 30 Tahun 1999 tentang Arbitrase dan Alternatif Penyelesaian Sengketa. Silakan pilih mana yang mudah dan Anda kuasai

7.    Konon penilaian mengenai essay ini menempati 60% nilai keseluruhan UPA. Jadi, pastikan menjawab soal essay dengan baik dan dengan tulisan tangan yang dapat dibaca.

8.    Hal lain sebenarnya agak spekulasi yaitu pemilihan tempat ujian. Ada baiknya memilih tempat ujian di luar Jakarta. Karena di Jakarta yang ikut UPA jumlahnya jauh lebih besar bahkan ketimbang kota-kota lain di Pulau Jawa.

9.    Ada baiknya mencoba latihan dengan membentuk kelompok belajar, ini jauh lebih efektif untuk saling belajar mengenai UPA.

10.Istirahatlah sehari sebelum ujian, kelelahan menjadi salah satu faktor yang bisa menyebabkan kegagalan. Sehari sebelum ujian dapat dipergunakan untuk cek lokasi UPA.

11.Yang terakhir dan paling penting, jangan lupa berdoa.

 

Semoga bermanfaat, dan selamat mencoba.

 

~ oleh TOMMY UTAMA SH pada 14/08/2014.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: